Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Konsep Bilangan Dengan Benda Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Gawanan Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013

Rahayu, Sih Jami and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd. (2013) Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Konsep Bilangan Dengan Benda Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Gawanan Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (564kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (459kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui penerapan metode bermain konsep bilangan dengan benda. Subyek dalam penelitian ini adalah Anak kelompok B TK Dharma Wanita Gawanan Colomadu tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif anatara peneliti dan pendidik. Data yang digunakan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak maupun mengetahui proses pembelajaran dengan penerapan metode bermain konsep bilangan dengan benda dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggungakan teknik komparatif yaitu membandingkan rata-rata kemampuan anak dengan indikator kinerja setiap siklus serta membandingkan pelaksanaan pembelajaran dengan jumlah anggota kelompok pelaksanaan bermain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak sebelum tindakan sampai dengan siklus II menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan 51.19%, siklus I 70,83%, dan siklus II 82,38%. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa penerapan metode bermain konsep bilangan dengan benda dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Dharma Wanita Gawanan Colomadu tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Konsep Bilangan, Kemampuan Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Jul 2013 11:00
Last Modified: 28 Oct 2021 22:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24877

Actions (login required)

View Item View Item