Pamungkas, Beti Sigit and , Drs. Saring Marsudi, S.H., M.Pd. (2013) Penerapan Strategi Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Di SD Negeri 01 Putatsari Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (585kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II_.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III_.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V_.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (666kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran IPA melalui strategi Discovery Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Putatsari Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV dengan jumlah siswa 30 terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Analisis data berwujud kata-kata dan terdiri dari 3 alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi data). Hasil observasi pra siklus menunjukkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran 21,67%. Hal ini disebabkan oleh, 1) siswa kurang mendapat perhatian, 2) guru hanya terfokus pada penyampaian materi, 3) siswa kurang aktif dalam pembelajaran, 4) metode yang digunakan masih konvensional, 5) guru jarang menggunakan media pembelajaran. Untuk mencari solusinya guru dan peneliti menerapkan strategi Discovery Learning pada materi perubahan kenampakan bumi. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Siklus I dilaksanakan dengan materi perubahan kenampakan. Siklus II dengan materi dampak perubahan lingkungan dan pencegahannya. Hasil penelitian siklus I keaktifan belajar siswa 52,78%. Sedangkan siklus II terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa menjadi 86,67%. Ditinjau dari hasil penelitian, maka penerapan strategi Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan materi perubahan kenampakan bumi. Dengan demikian, guru dapat menggunakan strategi Discovery Learning sebagai inovasi strategi pembelajaran untuk meningkatkan kesktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi Discovery Learning, keaktifan belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 16 Jul 2013 11:45 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 08:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24846 |
Actions (login required)
View Item |