Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Melalui Pembelajaran Kooperatif Bermain Estafet Bola Pada Anak Kelompok B Di TK Srini Desa Singkil Wetan Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013

Wibowo, Siskanita and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Melalui Pembelajaran Kooperatif Bermain Estafet Bola Pada Anak Kelompok B Di TK Srini Desa Singkil Wetan Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (321kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan sosial anak melalui pembelajaran kooperatif di TK Srini Singkil Wetan kecamatan Ngombol kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2012 / 2013. Teknik pembelajaran kooperatif yang dipakai adalah bermain estafet bola. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas ( PTK ) disebut juga Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 13, yang terdiri dari 7 anak laki - laki dan 6 anak perempuan dan dibimbing oleh 2 Guru Pendidik. Data tentang kemampuan sosial anak dikumpulkan dengan observasi. Data tentang pembelajaran kooperatif dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Data tentang kemampuan sosial anak dianalisis secara komparatif, yaitu dengan membandingkan data kemampuan sosial anak setiap siklusnya dengan indikator kinerja. Data pembelajaran kooperatif dianalisis secara interaktif, yaitu dengan langkah – langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dalam bentuk interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan prosentase dengan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan kemampuan sosial anak, hal ini dapat dilihat sebelum tindakan pada prasiklus sebesar 51,60 %, siklus I sebesar 70,83 % dan pada siklus II mengalami peningkatan hingga 88,78 %. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif bermain estafet bola dapat meningkatkan kemampuan sosial anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan sosial, pembelajaran kooperatif, estafet bola
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2013 11:38
Last Modified: 22 Oct 2021 06:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24844

Actions (login required)

View Item View Item