Purwaningsih, Retno Pratiwi and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Studi Tentang Penanganan Anak Kesulitan (Lambat) Belajar Membaca Dengan Metode Multisensori Siswa Kelas III Di SD Negeri Pajang 3 Kecamatan Laweyan Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (250kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (126kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (203kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menangani anak kesulitan (lambat) belajar membaca pada siswa kelas III SD Negeri Pajang 3 Kecamatan Laweyan Surakarta. Subjek penelitian ini adalah anak usia 8-9 tahun, yang merupakan siswa kelas III SD Negeri Pajang 3 Kecamatan Laweyan Surakarta sejumlah 3 orang siswa yang bernama Anisa Mifta Khaira (Anisa), Evi Cendikiawati Amalia (Evi), dan Singgalang Pradana P. (Galang). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode multisensori, anak-anak yang mengalami kesulitan (lambat) belajar membaca dapat mengatasi kesulitan membaca melalui belajar membaca dengan cara menelusuri (perabaan), mendengarkan (auditoris), melihat (visual), dan menulis (gerakan). Sebelum melakukan bimbingan belajar, masing-masing siswa diminta membaca sebuah bacaan untuk mengetahui sejauh mana kesulitan yang dialami. Setelah dilakukan bimbingan belajar dengan metode multisensori, anak mampu mengatasi kesulitan membaca yang dialaminya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian bimbingan belajar dengan metode multisensori dapat mengatasi kesulitan (lambat) belajar membaca pada siswa kelas III SD Negeri Pajang 3 Kecamatan Laweyan Surakarta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multisensori, lambat membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 16 Jul 2013 10:09 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 08:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24831 |
Actions (login required)
View Item |