Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Lks Dengan Tidak Menggunakan Lks Dalam Pembelajaran Biologi Siswa SMP Negeri 2 Boyolali Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013

NURJANAH, ANNISA KARTIKA and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2013) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Lks Dengan Tidak Menggunakan Lks Dalam Pembelajaran Biologi Siswa SMP Negeri 2 Boyolali Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
01_HALAMAN_DEPAN_(2).pdf

Download (879kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
09_Naskah_Publikasi__Autosaved_.pdf

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan menggunakan LKS dan tanpa LKS, serta untuk mengetahui keefektifan penggunaan LKS terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Boyolali khususnya kelas VII. Kelas yang digunakan dalam penelitian dipilih dua kelas secara random (acak) dengan perlakuan pembelajaran yang berbeda, yaitu menggunakan LKS dan tanpa LKS. Pada penelitian ini menggunakan 3 materi yang berbeda yaitu ekosistem, keanekaragaman makhluk hidup dan pelestarian ekosistem, serta pencemaran Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi,dan tes. Analisa data menggunakan uji statistika Independent sample t Test melalui program SPSS 15.0 for Windows. Hasil skor rata-rata belajar siswa menggunakan LKS aspek kognitif (91,64 ± 4,807), afektif (17,08± 1,21), dan psikomotorik (14 ± 1,15) lebih tinggi dari pada tanpa LKS aspek kognitif (83,72 ± 7,003), afektif (16,63± 1,36 ), psikomotorik (9 ± 1,45) . Thitung aspek kognitif (4,57), afektif (2,91), aspek psikomotorik (13,58) lebih besar dari Ttabel (2,021). Nilai Ttabel diperoleh dari nilai taraf signifikansi 5% (df=46) yaitu sebesar 2,021, maka H0 ditolak berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran menggunakan LKS dan tanpa LKS . Hasil Uji keefektifan menggunakan uji manual rasio efektifitas dengan hasil belajar siswa pembelajaran menggunakan LKS aspek kognitif (100%), afektif (100%), dan psikomotorik (100%), sedangkan tanpa LKS aspek kognitif (83%), aspek afektif (100%), dan aspek psikomotorik (71%). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah hasil belajar biologi siswa kelas VII dengan LKS lebih tinggi, daripada tanpa LKS dan pembelajaran menggunakan LKS lebih efektif daripada tanpa LKS.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja siswa, tanpa lembar kerja siswa, hasil belajar.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2013 12:14
Last Modified: 03 Nov 2021 20:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24814

Actions (login required)

View Item View Item