NURJANAH, ANNISA KARTIKA and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2013) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Lks Dengan Tidak Menggunakan Lks Dalam Pembelajaran Biologi Siswa SMP Negeri 2 Boyolali Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
01_HALAMAN_DEPAN_(2).pdf Download (879kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
09_Naskah_Publikasi__Autosaved_.pdf Download (122kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan menggunakan LKS dan tanpa LKS, serta untuk mengetahui keefektifan penggunaan LKS terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Boyolali khususnya kelas VII. Kelas yang digunakan dalam penelitian dipilih dua kelas secara random (acak) dengan perlakuan pembelajaran yang berbeda, yaitu menggunakan LKS dan tanpa LKS. Pada penelitian ini menggunakan 3 materi yang berbeda yaitu ekosistem, keanekaragaman makhluk hidup dan pelestarian ekosistem, serta pencemaran Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi,dan tes. Analisa data menggunakan uji statistika Independent sample t Test melalui program SPSS 15.0 for Windows. Hasil skor rata-rata belajar siswa menggunakan LKS aspek kognitif (91,64 ± 4,807), afektif (17,08± 1,21), dan psikomotorik (14 ± 1,15) lebih tinggi dari pada tanpa LKS aspek kognitif (83,72 ± 7,003), afektif (16,63± 1,36 ), psikomotorik (9 ± 1,45) . Thitung aspek kognitif (4,57), afektif (2,91), aspek psikomotorik (13,58) lebih besar dari Ttabel (2,021). Nilai Ttabel diperoleh dari nilai taraf signifikansi 5% (df=46) yaitu sebesar 2,021, maka H0 ditolak berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran menggunakan LKS dan tanpa LKS . Hasil Uji keefektifan menggunakan uji manual rasio efektifitas dengan hasil belajar siswa pembelajaran menggunakan LKS aspek kognitif (100%), afektif (100%), dan psikomotorik (100%), sedangkan tanpa LKS aspek kognitif (83%), aspek afektif (100%), dan aspek psikomotorik (71%). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah hasil belajar biologi siswa kelas VII dengan LKS lebih tinggi, daripada tanpa LKS dan pembelajaran menggunakan LKS lebih efektif daripada tanpa LKS.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lembar kerja siswa, tanpa lembar kerja siswa, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 15 Jul 2013 12:14 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 20:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24814 |
Actions (login required)
View Item |