Hartanto, Andriya and , Dra. Partini, M.Si (2013) Hubungan Antara Interaksi Edukatif Dengan Kreativitas Verbal Pada Siswa Pondok Pesantren Imam Syuhodo Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (209kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (767kB) |
Abstract
Tujuan pendidikan nasional salah satunya adalah mendidik siswa agar kreatif, dan interaksi edukatif merupakan salah satu bagian yang ada dalam pendidikan. Sejalan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi edukatif dengan kreativitas verbal siswa Pondok Pesantren Imam Syuhodo Sukoharjo. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan populasi yaitu siswa MTs Muhammadiyah Blimbing Pondok Pesantren Imam Syuhodo. Sampel yang digunakan adalah kelas VII D, VIII A, VIII B, dan kelas VIII D sebanyak 92 siswa yang diambil melalui teknik cluster sampling. Penelitian menggunakan skala interaksi edukatif dan alat tes kreativitas verbal (TKV). Pengujian hipotesis dengan analisis statistik korelasi product moment. Hasil uji hipotesis menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara interaksi edukatif dengan kreativitas verbal, dengan nilai koefisien korelasi sebesar R = 0,212 dan p = 0,043 (p<0,05), artinya semakin tinggi interaksi edukatif maka semakin tinggi kreativitas verbal siswa, demikian pula sebaliknya. Interaksi edukatif siswa tergolong tinggi dengan prosentase 48,91%, ME 90,83 dan MH 75. Sedangkan untuk kreativitas verbal mempunyai kategorisasi tinggi dengan prosentase sebesar 41,30 % dan ME 121,70. Terdapat sumbangan efektif sebesar 4,5% interaksi edukatif dapat mempengaruhi kreativitas verbal siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Edukatif, Kreativitas Verbal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 15 Jul 2013 10:28 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24796 |
Actions (login required)
View Item |