Hubungan Antara Interaksi Edukatif Dengan Kreativitas Verbal Pada Siswa Pondok Pesantren Imam Syuhodo Sukoharjo

Hartanto, Andriya and , Dra. Partini, M.Si (2013) Hubungan Antara Interaksi Edukatif Dengan Kreativitas Verbal Pada Siswa Pondok Pesantren Imam Syuhodo Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (209kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (767kB)

Abstract

Tujuan pendidikan nasional salah satunya adalah mendidik siswa agar kreatif, dan interaksi edukatif merupakan salah satu bagian yang ada dalam pendidikan. Sejalan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi edukatif dengan kreativitas verbal siswa Pondok Pesantren Imam Syuhodo Sukoharjo. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan populasi yaitu siswa MTs Muhammadiyah Blimbing Pondok Pesantren Imam Syuhodo. Sampel yang digunakan adalah kelas VII D, VIII A, VIII B, dan kelas VIII D sebanyak 92 siswa yang diambil melalui teknik cluster sampling. Penelitian menggunakan skala interaksi edukatif dan alat tes kreativitas verbal (TKV). Pengujian hipotesis dengan analisis statistik korelasi product moment. Hasil uji hipotesis menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara interaksi edukatif dengan kreativitas verbal, dengan nilai koefisien korelasi sebesar R = 0,212 dan p = 0,043 (p<0,05), artinya semakin tinggi interaksi edukatif maka semakin tinggi kreativitas verbal siswa, demikian pula sebaliknya. Interaksi edukatif siswa tergolong tinggi dengan prosentase 48,91%, ME 90,83 dan MH 75. Sedangkan untuk kreativitas verbal mempunyai kategorisasi tinggi dengan prosentase sebesar 41,30 % dan ME 121,70. Terdapat sumbangan efektif sebesar 4,5% interaksi edukatif dapat mempengaruhi kreativitas verbal siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Edukatif, Kreativitas Verbal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2013 10:28
Last Modified: 26 Oct 2021 04:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24796

Actions (login required)

View Item View Item