Triansari, Winda and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Penerapan Strategi Cooperative Intergrated Reading And Composition Dengan Media Ular Tangga Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Nguntoronadi Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (285kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (233kB) |
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan menerapkan strategi Cooperative Intergrated Reading and Composition dengan media ular tangga pada materi Ekosistem siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Nguntoronadi tahun ajaran 2012/2013. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Nguntoronadi yang berjumla h 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara , dokumentasi dan tes. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Biologi Materi Ekosistem di kelas SMP Negeri 1 Nguntoronadi tahun 2013 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas hasil belajar siswa pada aspek kognitif sebanyak 5 (17,9%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Intergrated Reading and Compositi on dengan media ular tangga pada proses pembelajaran Biologi materi Ekositem diperoleh hasil yaitu siklus I hasil belajar siswa pada aspek kognitif meningkat menjadi 15 (53,6%) siswa, siklus II meningkat menjadi 24 (85,7%) siswa. Aspek afektif hasil belajar siswa pada siklus I prosentase disiplin 67,9%, tanggungjawab 64,3%, bekerjasama 42,8%, bertanya 14,3% dan siklus II menaalami peningkatan persentase disiplin 89,2%, tanggungjawab 89,3%, bekerjasama 85 %, berani 89,3%, bertanya 82,2%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Cooperative Intergrated Reading and Composition, media ular tangga, Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Jul 2013 07:16 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 20:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24781 |
Actions (login required)
View Item |