Penerapan Strategi Cooperative Intergrated Reading And Composition Dengan Media Ular Tangga Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Nguntoronadi Tahun Ajaran 2012/2013

Triansari, Winda and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Penerapan Strategi Cooperative Intergrated Reading And Composition Dengan Media Ular Tangga Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Nguntoronadi Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (285kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (233kB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan menerapkan strategi Cooperative Intergrated Reading and Composition dengan media ular tangga pada materi Ekosistem siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Nguntoronadi tahun ajaran 2012/2013. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Nguntoronadi yang berjumla h 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara , dokumentasi dan tes. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Biologi Materi Ekosistem di kelas SMP Negeri 1 Nguntoronadi tahun 2013 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas hasil belajar siswa pada aspek kognitif sebanyak 5 (17,9%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Intergrated Reading and Compositi on dengan media ular tangga pada proses pembelajaran Biologi materi Ekositem diperoleh hasil yaitu siklus I hasil belajar siswa pada aspek kognitif meningkat menjadi 15 (53,6%) siswa, siklus II meningkat menjadi 24 (85,7%) siswa. Aspek afektif hasil belajar siswa pada siklus I prosentase disiplin 67,9%, tanggungjawab 64,3%, bekerjasama 42,8%, bertanya 14,3% dan siklus II menaalami peningkatan persentase disiplin 89,2%, tanggungjawab 89,3%, bekerjasama 85 %, berani 89,3%, bertanya 82,2%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Cooperative Intergrated Reading and Composition, media ular tangga, Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Jul 2013 07:16
Last Modified: 03 Nov 2021 20:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24781

Actions (login required)

View Item View Item