Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Dalam Mata Pelajaran Ipa Biologi Siswa Kelas VIII Di SMP N 5 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Handayani, Ika Nur and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2013) Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Dalam Mata Pelajaran Ipa Biologi Siswa Kelas VIII Di SMP N 5 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (239kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (317kB)

Abstract

Dalam bidang IPA Biologi menekankan kemampuan bekerja secara ilmiah, dan kemampuan memahami konsep-konsep sains serta penerapannya dalam kehidupan. Kemampuan bekerja secara ilmiah harus didukung oleh rasa ingin tahu, bekerja sama dan berpikir kritis. Pendekatan pembelajaran biologi harusnya tidak berpusat kepada guru namun lebih kepada siswa. Inkuiri merupakan salah satu model pembelajaran yang berperan penting dalam membangun pembelajaran yang menekankan siswa aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 5 Klaten tahun ajaran 2012/2013 yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan strategi pembelajaran inkuiri bebas. Jenis penelitian tersebut adalah penelitian eksperimen pendidikan menggunakan analisis one way anova. Hasil yang diperoleh adalah nilai rata-rata kognitif tertinggi diperoleh kelas inkuiri terbimbing 75,63, rata-rata kedua diperoleh kelas kontrol 70,8, dan rata-rata terendah diperoleh kelas inkuiri bebas 64,73. Berdasarkan hasil uji hipotesis Fhitung > Ftabel , yaitu 6.952 > 3.101, sehingga Ho ditolak, maka ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP N 5 Klaten tahun ajaran 2012/2013 dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan strategi pembelajaran inkuiri bebas. Hasil belajar psikomotorik mempunyai Fhitung 1.073, sehingga Fhitung < Ftabel , yaitu 1.073 <3.101, sehingga Ho diterima. Hasil belajar afektif Fhitung 0.011, sehingga Fhitung < Ftabel , yaitu 0.011 <3.101, sehingga Ho diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas dalam mata pelajaran IPA Biologi kelas VIII semester II di SMP N 5 Klaten tahun ajaran 2012/2013, perbedaan nyata ada pada hasil pembelajaran strategi pembelajaran inkuiri terbimbing.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, inkuiri bebas, inkuiri terbimbing.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Jul 2013 11:22
Last Modified: 03 Nov 2021 20:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24749

Actions (login required)

View Item View Item