Pengaruh Media Big Book Terhadap Perkembangan Kemampuan Membaca Awal Pada Anak Kelompok A di TK Aisyiyah Pabelan Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2013

Listiyawati, Kuwat and , Dr. Darsinah, SE, M.Si (2013) Pengaruh Media Big Book Terhadap Perkembangan Kemampuan Membaca Awal Pada Anak Kelompok A di TK Aisyiyah Pabelan Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (476kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh media big book terhadap kemampuan membaca awal anak kelompok A di TK Aisyiyah Pabelan Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Aisyiyah Pabelan sejumlah 38 anak yang dibagi rata menjadi 2 kelompok yakni kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data mengenai perkembangan kemampuan membaca awal anak yang didapatkan melalui observasi terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah dengan uji independent sample t test dengan bantuan program SPPS 16.0 for windows. Pengujian hipotesis dengan independent sample t test terhadap hasil observasi akhir menghasilkan nilai thitung -1,998 yang berada pada daerah H0 diterima dengan probabilitas sebesar 0,053>0,05. Berdasarkan hasil ini, maka keputusan hasil uji hipotesisnya adalah menerima H0, sehingga Ha ditolak yang berarti bahwa tidak ada pengaruh media big book terhadap perkembangan kemampuan membaca awal anak kelompok A di TK Aisyiyah Pabelan Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media big book, kemampuan membaca awal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 10 Jul 2013 11:27
Last Modified: 22 Oct 2021 06:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24714

Actions (login required)

View Item View Item