Alpiyah, Ulil and , Drs.Samian,M.M and , Dr.Suyatmini,SE.,M.Si (2013) Keaktifan Belajar Siswa Disekolah Ditinjau Dari Metode Pembelajaran Guru Dan Kelengkapan Fasilitas Sekolah Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VII MTS Yasi Kronggen Brati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (369kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (553kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (109kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (67kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran guru terhadap keaktifan belajar siswa. 2) Untuk mengetahui pengaruh kelengkapan fasilitas sekolah terhadap keaktifan belajar siswa 3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran guru dan kelengkapan fasilitas sekolah terhadap keaktifan belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Yasi Kronggen Brati Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 130 siswa. sampel diambil sebanyak adalah 95 siswa dengan proposional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 11,912 + 0, 364 X1 + 0, 231 X2. Persamaan menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa dipengaruhi oleh metode pembelajaran guru dan kelengkapan fasilitas sekolah. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Metode pembelajaran guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar siswa disekolah MTS Yasi Kronggen Brati. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,624 > 2,000 dan nilai probabilitas < 0,05, yaitu 0,001. 2) Kelengkapan fasilitas sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar siswa disekolah MTS Yasi Kronggen Brati. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,841 > 2,000 dan nilai probabilitas < 0,05, yaitu 0,007. 3) Metode pembelajaran guru dan kelengkapan fasilitas sekolah secara bersama-sama berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa disekolah MTS Yasi Kronggen Brati.Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui Fhitung > Ftabel, yaitu 5,422 > 3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 4) Variabel metode pembelajaran guru memberikan sumbangan efektif 20,2%. Variabel kelengkapan fasilitas sekolah memberikan sumbangan efektif 10,3%. sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 30,5%, sedangkan 69,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran , kelengkapan fasilitas, dan keaktifan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 10:43 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 06:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24709 |
Actions (login required)
View Item |