Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match Pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 3 Gondangrejo Tahun Ajaran 2012/2013

Eryanto, Edi and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match Pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 3 Gondangrejo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (616kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (428kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran aktif index card match pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Gondangrejo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga pertemuan. Data yang diperoleh berupa databpenilian akhir belajar siswa dan nilai tes pada setiap akhir siklus I dan akhir siklus II. Analisis data dilakukan dengan analisa deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator-indikatornya meliputi: 1) siswa mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 20,58%, siklus I 47,06% dan siklus II 64,70%, 2) siswa mampu mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 14,71%, siklus I 41,18% dan siklus II 67,65%, 3) siswa mampu mengemukakan pendapat sebelum tindakan 11,76%, siklus I 35,29% dan siklus II 61,76%, 4) siswa mampu mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 29,41%, siklus I 58,82% dan siklus II 82,35%. Siswa yang nilainya tuntas KKM ( ) sebelum tindakan 17,65%, siklus I 48,48% dan siklus II 75,76%. Hasil uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, aktivitas, index card match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 10:07
Last Modified: 01 Nov 2021 22:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24707

Actions (login required)

View Item View Item