Eryanto, Edi and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match Pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 3 Gondangrejo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (616kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (110kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (104kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (428kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran aktif index card match pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Gondangrejo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga pertemuan. Data yang diperoleh berupa databpenilian akhir belajar siswa dan nilai tes pada setiap akhir siklus I dan akhir siklus II. Analisis data dilakukan dengan analisa deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator-indikatornya meliputi: 1) siswa mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 20,58%, siklus I 47,06% dan siklus II 64,70%, 2) siswa mampu mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 14,71%, siklus I 41,18% dan siklus II 67,65%, 3) siswa mampu mengemukakan pendapat sebelum tindakan 11,76%, siklus I 35,29% dan siklus II 61,76%, 4) siswa mampu mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 29,41%, siklus I 58,82% dan siklus II 82,35%. Siswa yang nilainya tuntas KKM ( ) sebelum tindakan 17,65%, siklus I 48,48% dan siklus II 75,76%. Hasil uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, aktivitas, index card match |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 10:07 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 22:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24707 |
Actions (login required)
View Item |