Anjawawi, Kiki and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Perbedaan Penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Dengan Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Siswa Kelas VII MTs N Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dengan Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Mts N Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Kelas yang digunakan dalam penelitian dipilih tiga kelas secara acak atau random yang akan menggunakan pembelajaran yang berbeda. Pada kelas VIIE menggunakan strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ), VIIA menggunakan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH), dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol (konvensional). Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik dokumentasi, dan tes. Analisa data menggunakan uji statistika one way ANOVA.Untuk uji hipotesis menunjukkan nilai Fhitung (12,124) lebih besar dari Ftabel (3,07). Nilai Ftabel diperoleh dari nilai signifikansi 5% dengan (df=117) yaitu sebesar 3,07, maka H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok perlakuan yaitu antara strategi Learning Start With A Question (LSQ), Question Student Have (QSH), dan kontrol. Berdasarkan nilai hasil postest siswa menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) lebih tinggi yaitu (78,5) dibandingkan dengan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) yaitu sebesar (73) dan kontrol sebesar (67,30). Pada aspek afektif juga menunjukkan nilai tertinggi pada penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dibandingkan dengan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) dan kontrol. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penggunaan strategi Learning Start With A Question (LSQ) lebih baik digunakan dalam pelajaran biologi materi ekosistem pada siswa kelas VII MTs N Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi LSQ, Strategi QSH, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 08:43 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 20:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24705 |
Actions (login required)
View Item |