Itasari, Yuliana and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Learning With Quis Team (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIIA SMP Muhammadiyah 3 Karangpandan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._Lembar_Depan.pdf Download (266kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_1.pdf Download (185kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._Daftar_Pustaka.pdf Download (166kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi.pdf Download (285kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Learning with Quis Team. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII A SMP Muhammadiyah 3 Karangpandan sebagai pemberi tindakan, serta siswa kelas VII A yang berjumlah 22 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data analisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini antara lain : 1) Adanya peningkatan siswa yang mampu menyampaikan materi dengan baik dalam diskusi, meningkat dari 13,63% menjadi 36,36%. 2) Adanya peningkatan siswa yang percaya diri dalam mengerjakan tugas, meningkat dari 18,18% menjadi 45,45%. 3) Adanya peningkatan siswa mengajukan atau menjawab pertanyaan tanpa disuruh oleh guru, meningkat dari 22,72% menjadi 50,00%. 4) Adanya peningkatan siswa yang tuntas, meningkat dari 45,45% menjadi 86,36%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Learning with Quis Team dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Learning with Quis Team |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 08:34 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 22:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24704 |
Actions (login required)
View Item |