PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR DAN TEKNIK MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS X SMK DWIJA DHARMA BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Rahmawati , Ernia (2008) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR DAN TEKNIK MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS X SMK DWIJA DHARMA BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A220040014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan teknik mengajar guru terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas X SMK Dwija Dharma Boyolali Tahun Pelajaran2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 285 siswa, dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel ialah 40 siswa dengan prosedur pengambilan sampel kombinasi Quota Purposive Area Proportional Random Sampling dengan cara undian. Angket dan dokumentasi sebagai metode pokok angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai teknik mengajar guru dan keterampilan mengajar guru, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar PKn pada siswa kelas X SMK Dwija Dharma Boyolali Tahun Pelajaran 2006/2007. Metode wawancara dan observasi sebagai metode bantu digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh dari angket dan konfirmasi data. Dalam penelitian ini data yang terkumpul kemudian dianalisis regresi dua prediktor, dengan rumus : Freg =............. Hasil analisis regresi diperoleh harga Freg = 34,383, setelah dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;37) sebesar 3,230 dan pada taraf signifikansi 1% = 5,21, hasilnya Fhitung > Ftabel = 34,383 > 3,230 atau 34,383 > 5,21. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan teknik mengajar guru dengan prestasi belajar PKn pada siswa X SMK Dwija Dharma Boyolali Tahun Pelajaran 2006/2007. Sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang siginifikan dari persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan teknik mengajar guru terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas X SMK Dwija Dharma Boyolali Tahun Pelajaran 2006/2007, terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Variabel persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru memberikan sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 25,60%, sedangkan teknik mengajar guru memberikan sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 39,42%. Variabel teknik mengajar guru memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PKn dibandingkan variabel persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru, dengan demikian semakin baik teknik mengajar guru dapat dipastikan memberikan pengaruh pada peningkatan prestasi belajar PKn pada siswa yang bersangkutan. Dari perhitungan di atas ada faktor lain sebesar 35% (100%-65%)yang mempengaruhi prestasi belajar PKn, juga dipengaruhi oleh faktor lain misalnya kecerdasan siswa, bimbingan orang tua, pola belajar, dan motivasi belajar. Berdasarkan hasil dari penelitian ini maka perlu dilakukan suatu usaha untuk meningkatkan dan memperbaiki teknik mengajar serta keterampilan mengajar guru yang dapat mempengaruhi prestasi belajar PKn.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Quota Purposive Area Proportional Random Sampling
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Aug 2008 03:56
Last Modified: 17 Nov 2010 13:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item View Item