Pramudya W, Krisna Dewi and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2013) Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Realistic Mathematics Education (RME) Bagi Siswa Kelas VIII A Semester 2 SMP N 2 Jenawi Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (541kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (112kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (116kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (526kB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Realistic Mathematics Education. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian melalui tahap dialog awal, perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, evaluasi dan penyimpulan dilakukan secara siklus. Penelitian dilaksanakan selama empat bulan. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIA SMP N 2 Jenawi yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik dan triangulasi metode. Hasil penelitian ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Realistic Mathematics Education (RME). Keaktifan diamati dari meningkatnya 1) Mengajukan pertanyaan pada kondisi awal sebesar (10%) dan diakhir siklus mencapai(46,67%), 2) Menjawab pertanyaan pada kondisi awal sebesar (16,67%)dan diakhir siklus mencapai (50%), 3) Mengerjakan soal latihan pada kondisi awal sebesar (40%)dan diakhir siklus mencapai (90%), 4) Mengerjakan soal di depan kelas pada kondisi awal sebesar (6,67%), dan di akhir siklus mencapai (33,33%), 5) Mencapai nilai KKM pada kondisi awal sebesar (33,33%) pada akhir siklus mencapai (83,33%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan strategi RME pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Realistic, keaktifan, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 06:54 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 22:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24689 |
Actions (login required)
View Item |