Perbedaan Hasil Belajar IPA Biologi Menggunakan Media Charta Dan Audiovisual Pokok Materi Sistem Peredaran Darah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Rohmawati, Lutvy Yhunita and , Drs. Sumanto (2013) Perbedaan Hasil Belajar IPA Biologi Menggunakan Media Charta Dan Audiovisual Pokok Materi Sistem Peredaran Darah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (293kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu. Penelitian ini menggunakan tiga kelas yang pengambilannya secara Purposive Cluster Sampling. Masing-masing kelas menggunakan pembelajaran yang berbeda, kelas VIII A menggunakan media Audiovisual, kels VIII C menggunakan media Charta, dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Penelitian diukur dari aspek kognitif dan afektif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai ratarata kelas yang diberi perlakuan dengan media Audiovisual sebesar (80,48), nilai ratarata kelas yang diajar menggunakan media Charta sebesar (73,23), dan nilai rata-rata kelas konvensional sebesar (67,10). Hasil uji hipotesis terlihat bahwa nilai Fhitung (9,123) lebih besar dari nilai Ftabel (3,34), maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil pembelajaran menggunakan media Audiovisual, media Charta dan konvensional (kontrol). Hasil uji lanjut anova pembelajaran menggunakan media Audiovisual dan media Charta 0,023 < 0,05, maka H0 ditolak, jadi terdapat perbedaan pembelajaran menggunakan media Audiovisual dan media Charta, perbandingan pembelajaran menggunakan media Audiovisual dan konvensional yaitu 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak, jadi terdapat perbedaan pembelajaran menggunakan media Audiovisual dan konvensional, dan perbandingan pembelajaran menggunakan media Charta dan konvensional 0,054 > 0,05, maka H0 diterima yang berarti tidak terdapat perbedaan pembelajaran menggunakan media Charta dan konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Audiovisual, Media Charta, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Jul 2013 06:43
Last Modified: 31 Oct 2021 23:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24649

Actions (login required)

View Item View Item