Rohmawati, Lutvy Yhunita and , Drs. Sumanto (2013) Perbedaan Hasil Belajar IPA Biologi Menggunakan Media Charta Dan Audiovisual Pokok Materi Sistem Peredaran Darah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (293kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (118kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (166kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu. Penelitian ini menggunakan tiga kelas yang pengambilannya secara Purposive Cluster Sampling. Masing-masing kelas menggunakan pembelajaran yang berbeda, kelas VIII A menggunakan media Audiovisual, kels VIII C menggunakan media Charta, dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Penelitian diukur dari aspek kognitif dan afektif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai ratarata kelas yang diberi perlakuan dengan media Audiovisual sebesar (80,48), nilai ratarata kelas yang diajar menggunakan media Charta sebesar (73,23), dan nilai rata-rata kelas konvensional sebesar (67,10). Hasil uji hipotesis terlihat bahwa nilai Fhitung (9,123) lebih besar dari nilai Ftabel (3,34), maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil pembelajaran menggunakan media Audiovisual, media Charta dan konvensional (kontrol). Hasil uji lanjut anova pembelajaran menggunakan media Audiovisual dan media Charta 0,023 < 0,05, maka H0 ditolak, jadi terdapat perbedaan pembelajaran menggunakan media Audiovisual dan media Charta, perbandingan pembelajaran menggunakan media Audiovisual dan konvensional yaitu 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak, jadi terdapat perbedaan pembelajaran menggunakan media Audiovisual dan konvensional, dan perbandingan pembelajaran menggunakan media Charta dan konvensional 0,054 > 0,05, maka H0 diterima yang berarti tidak terdapat perbedaan pembelajaran menggunakan media Charta dan konvensional.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Audiovisual, Media Charta, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Jul 2013 06:43 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 23:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24649 |
Actions (login required)
View Item |