Royeningsih, Endri Rum and , Drs. Sumanto (2013) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Media Peta Konsep Dan Teka-Teki Silang (TTS) Pokok Materi Dunia Tumbuhan (Kingdom Plantae) Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (301kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (158kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
|
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Download (210kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (200kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi antara siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran Peta Konsep dan media Teka-Teki Silang pada pokok materi Dunia Tumbuhan pada kelas X SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang membandingkan antara dua media pembelajaran, yaitu media Peta Konsep dan media Teka-Teki Silang. Penelitian ini diukur dengan menggunakan ranah kognitif dan afektif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yang diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran Peta Konsep adalah 76,42 dan siswa yang diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran Teka-Teki Silang adalah 71,00. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar Biologi antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran Peta Konsep dan siswa yang diberi perlakuan menggunakan media Teka-Teki Silang pada materi dunia tumbuhan pada kelas X SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013, yaitu thitung > ttabel (3,547 > 3,29) pada taraf signifikasi 5%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peta konsep, Teka-Teki Silang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Jul 2013 11:43 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 23:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24637 |
Actions (login required)
View Item |