Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Mastery Learning With Quiz Team ( PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Ngadirojo )

Listiyana, Nana and , Dr. Sumardi, M.Si and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Mastery Learning With Quiz Team ( PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Ngadirojo ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3.Halaman_Depan.pdf

Download (543kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4.BAB_1.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
5.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2.Naskah_Publikasi.pdf

Download (268kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan mendiskripsikan penggunaan strategi mastery learning with quiz team untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Ngadirojo. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Ngadirojo yang berjumlah 32 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama tiga kali putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik tringulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini: 1) mengajukan pertanyaan, dari sebelum tindakan 9,38% menjadi 37,50% pada akhir tindakan, 2) menjawab pertanyaan, dari sebelum tindakan 18,75% menjadi 46,88% pada akhir tindakan, 3) mengerjakan latihan atau PR, dari sebelum tindakan 46,88% menjadi 84,38% pada akhir tindakan, 4) mengerjakan soal di depan kelas, dari sebelum tindakan 15,63% menjadi 43,75% pada akhir tindakan, 5) diskusi Kelompok, dari sebelum tindakan 0% menjadi 59,38% pada akhir tindakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran mastery learning with quiz team dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Ngadirojo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, strategi mastery learning, quiz team
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Jul 2013 07:52
Last Modified: 01 Nov 2021 20:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24616

Actions (login required)

View Item View Item