Listiyana, Nana and , Dr. Sumardi, M.Si and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Mastery Learning With Quiz Team ( PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Ngadirojo ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3.Halaman_Depan.pdf Download (543kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4.BAB_1.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
5.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2.Naskah_Publikasi.pdf Download (268kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan mendiskripsikan penggunaan strategi mastery learning with quiz team untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Ngadirojo. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Ngadirojo yang berjumlah 32 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama tiga kali putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik tringulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini: 1) mengajukan pertanyaan, dari sebelum tindakan 9,38% menjadi 37,50% pada akhir tindakan, 2) menjawab pertanyaan, dari sebelum tindakan 18,75% menjadi 46,88% pada akhir tindakan, 3) mengerjakan latihan atau PR, dari sebelum tindakan 46,88% menjadi 84,38% pada akhir tindakan, 4) mengerjakan soal di depan kelas, dari sebelum tindakan 15,63% menjadi 43,75% pada akhir tindakan, 5) diskusi Kelompok, dari sebelum tindakan 0% menjadi 59,38% pada akhir tindakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran mastery learning with quiz team dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Ngadirojo.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan siswa, strategi mastery learning, quiz team |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 07:52 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 20:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24616 |
Actions (login required)
View Item |