Ferawati, Atik and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Kreativitas Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kuryokalangan 01, Gabus Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (287kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (130kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (56kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (287kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kuryokalangan 01 Gabus, Pati Tahun Ajaran 2012/2013 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kuryokalangan 01 dengan jumlah 27 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Sedangkan yang menjadi objek peneltian ini yaitu kreativitas belajar dan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas belajar matematika yang terlihat dalam 4 indikator. Pada indikator sering mengajukan pertanyaan yang berbobot dari siklus I 37,0% meningkat menjadi 85,2% di siklus II. Indikator mampu menyatakan pendapat secara spontan dan tidak malu-malu siklus I 44,4% meningkat pada siklus II menjadi 85,2%. Indikator bergairah serta aktif dalam melakukan tugas siklus I 59,3% meningkat menjadi 92,6% pada siklus II. Dan pada indikator menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh guru dari siklus I 55,6% meningkat di siklus II menjadi 88,9%. Selain peningkatan kreativitas, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus ketuntasan belajar hanya 37,0% (10 siswa), pada siklus I mencapai 59,3% (16 siswa) dan pada siklus II meningkat sebesar 92,6% ( 25 siswa). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kreativitas belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Kuryokalangan 01, Gabus Pati tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas belajar, team assisted individualization |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 28 Jun 2013 12:35 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 08:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24580 |
Actions (login required)
View Item |