Ningsih, Tri Utami and , Drs.H.M.Yahya,M.Si and , Drs.Joko Suwandi, S.E, M.Pd (2013) Kontribusi Lingkungan Belajar Dan Sikap Siswa Dalam Menerima Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri Kerjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (998kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._PRAHALAMAN_DEPAN.pdf Download (517kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA_N.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kontribusi lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri Kerjo; 2) kontribusi sikap siswa dalam menerima pelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri Kerjo; 3) kontribusi lingkungan belajar dan sikap siswa dalam menerima pelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri Kerjo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 150 siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kerjo. Sampel diambil sebanyak 105 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi linier: Y = 58,654 + 0,277X1 + 0,208X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan sikap siswa dalam menerima pelajaran. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada kontribusi yang signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri Kerjo tahun ajaran 2012/2013, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,874 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 21,2%; 2) Ada kontribusi yang signifikan sikap siswa dalam menerima pelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri Kerjo tahun ajaran 2012/2013, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,263 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002, dengan sumbangan efektif sebesar 11,6%; 3) Ada kontribusi lingkungan belajar dan sikap siswa dalam menerima pelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri Kerjo tahun ajaran 2012/2013, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 24,883 > 3,085 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil sumbangan relatif dan sumbangan efektif menunjukkan bahwa variabel lingkungan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 64,6% dan sumbangan efektif 21,2%, sedangkan variabel sikap siswa dalam menerima pelajaran memberikan sumbangan relatif sebesar 35,4% dan sumbangan efektif 11,6%. Dengan uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,328 (32,8%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Belajar, Sikap Siswa dalam Menerima Pelajaran dan Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 27 Jun 2013 11:28 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24555 |
Actions (login required)
View Item |