WULANDARI, ENJANG ARI and , Dr. Sumardi, M.Si and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP N 2 Sawit ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (777kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (191kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB__III.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Pustaka)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (532kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas VII SMP N 2 Sawit melalui penerapan pendekatan Reciprocal Teaching. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A SMP N Sawit yang berjumlah 30 siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama tiga kali putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Reciprocal Teaching dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada kelas VII A SMP N 2 Sawit. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam : (1) mengemukakan ide sebelum tindakan 16,66% menjadi sesudah tindakan 30%, (2) mengajukan dan menjawab pertanyaan sebelum tindakan 26,66% menjadi sesudah tindakan 59,99%, (3) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 23,33% menjadi sesudah tindakan 63,33%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pendekatan Reciprocal Teaching dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Reciprocal Teaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 26 Jun 2013 11:48 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 20:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24535 |
Actions (login required)
View Item |