Peningkatan Keterampilan Mengemukakan Pendapat Siswa Melalui Metode Time Token pada Pembelajaran PKn Kelas IV SDN Ngembat Padas 3 Gemolong Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013

Pertiwi, Syarifah and , Drs. Mulyadi Sri K., S.H.,M.Pd (2013) Peningkatan Keterampilan Mengemukakan Pendapat Siswa Melalui Metode Time Token pada Pembelajaran PKn Kelas IV SDN Ngembat Padas 3 Gemolong Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (160kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (271kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat dengan penerapan metode Time Token pada pelajaran PKN kelas IV SDN Ngembat Padas Gemolong Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013 Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Obyek dari penelitian ini adalah SDN Ngembat Padas Gemolong Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013 dan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKN dengan metode pembelajaran kooperatif Time Token dapat meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat siswa kelas IV SDN Ngembat Padas 3 tahun pelajaran 2012/2013. Keterampilan mengemukakan pendapat siswa meningkat dari 54,5% pada kondisi awal menjadi 70,7% pada siklus I, dan meningkat menjadi 92,6% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa pendekatan Time Token memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran PKN khususnya materi lembaga tinggi negara.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, Time Token, PKN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 25 Jun 2013 11:26
Last Modified: 31 Oct 2021 07:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24525

Actions (login required)

View Item View Item