Fatmawati, Nunik and , Drs.Samian,M.M and ., Drs.Djumali, M.Pd. (2013) Keaktifan Siswa Ditinjau Dari Strategi Pembelajaran Humor Dan Rasa Kebersamaan Dalam Kelas Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Gatak Sukoharjo Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (783kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (487kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Memberikan siswa kesempatan lebih baik untuk belajar dengan jenis kecerdasan yang dimiliki siswa. 2) Untuk memberikan pembekalan pada siswa agar mampu berfikir aktif dan kreatif. 3) Melatih proses mental atas informasi yang diterima, dirasakan, dan disimpan dalam ingatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian berlokasi di SMP N 2 Gatak Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A, B, C, D, dan E sebanyak 160 siswa dan sampel sebesar 40 siswa dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data ketiga variabel menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda, uji t, dan juga sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Strategi pembelajaran humor berpengaruh positif terhadap keaktifan siswa terbukti dengan H0 ditolak, hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,129 > 2,023 dan nilai probabilitas 0,040 < 0,05. 2) Rasa kebersamaan dalam kelas juga berpengaruh positif terhadap keaktifan siswa dengan hasil uji thitung > ttabel yaitu 2,454 > 2,023 dan nilai probabilitas 0,019 < 0,05. 3) Strategi pembelajaran humor dan rasa kebersamaan dalam kelas secara bersamaan berpengaruh positif terhadap keaktifan siswa. Berdasarkan uji F diperoleh bahwa H0 ditolak dengan hasil Fhitung > Ftabel yaitu 4,882 > 3,252 dan nilai signifikansi 0,013 < 0,05. 4) Variabel strategi pembelajaran humor memberikan sumbangan relatif 29,10% dan sumbangan efektif 6,08%. 5) Variabel rasa kebersamaan dalam kelas memberikan sumbangan relatif -66,91% dan sumbangan efektif -13,98%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan siswa, strategi pembelajaran humor, dan rasa kebersamaan dalam kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Jun 2013 07:38 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 02:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24468 |
Actions (login required)
View Item |