Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013)

Rohmiyati, Elida and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (541kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (573kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu dengan penerapan strategi pembelajaran scramble, (2)mengidentifikasi kendala-kendala yang ditemui dalam penerapan strategi pembelajaran scramble dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu, (3) mendapatkan solusi dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran scramble. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Colomadu. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIE yang berjumlah 34 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dengan bantuan guru matematika. Data dikumpulkan melalui metode observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data di analisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan strategi pembelajaran scramble dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aspek-aspek sebagai berikut : 1) antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan (32,35%), siklus I (52,94%), siklus II (79,41%); 2) antusias siswa menyanggah atau menanggapi setiap pertanyaan sebelum tindakan (11,76%), siklus I (32,35%), siklus II (47,06%); 3) mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan oleh guru sebelum tindakan (26,47%), siklus I (52,94%), siklus II (70,59%); 4) kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika dengan nilai KKM ≥ 70 sebelum tindakan (44,18%), siklus I (61,76%), siklus II (88,24%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran scramble dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, hasil-belajar, scramble
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2013 06:59
Last Modified: 01 Nov 2021 20:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24460

Actions (login required)

View Item View Item