Khasanah., Laila Fadzila Nur (2013) Sekolah dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Sekolah Menengah Atas Pada Siswa Negeri 1 Kayen Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (251kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (162kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh keaktifan OSIS terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 1 Kayen Pati tahun ajaran 2012/2013. 2) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 1 Kayen Pati tahun ajaran 2012/2013. 3) Pengaruh keaktifan OSIS dan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 1 Kayen Pati tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah pengurus OSIS SMA Negeri 1 Kayen Pati tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak adalah 36 orang siswa dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 35,577 + 0,199X1 + 0,157X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh keaktifan OSIS dan minat belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ” Ada pengaruh keaktifan OSIS terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 1 Kayen Pati tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,066> 2,042 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,003 dengan sumbangan efektif sebesar 29,7%. 2) “ Ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 1 Kayen Pati tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,841 > 2,042 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004 dengan sumbangan efektif sebesar 17,4%. 3) “ Ada pengaruh keaktifan OSIS dan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 1 Kayen Pati tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 8,160 > 3,320 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,471 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh keaktifan OSIS dan minat belajar dengan prestasi belajar ekonomi adalah sebesar 47,1%, sedangkan 52,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan OSIS, Minat Belajar, dan Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 12 Jun 2013 10:58 |
Last Modified: | 12 Jun 2013 11:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24400 |
Actions (login required)
View Item |