Purwanto, Bambang Tri and , Dr. H. Sabar Narimo, M.M, M.Pd. and , Drs. Achmad Muhibbin, M.Si (2013) Pengembangan Pembelajaran PKn dengan CTL di SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_Tesis_PDF.pdf Download (929kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_tesis_PDF.pdf Download (350kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_tesis_PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_tesis_PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_tesis_PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_tesis_PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI_tesis_PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka_Tesis_PDF.pdf Download (333kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran_Tesis_PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran lebih jelas tentang implementasi strategi CTL dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten, dan dampak implementasi strategi CTL dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian etnografi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan pencatatan isi dokumen. Data yang telah terkumpul dianalisa dengan menggunakan analisa model interaktif. Keabsahan data menggunakan metode Trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan strategi CTL dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan telah berlangsung dengan baik di SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten, dengan memperhatikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran berbasis CTL sehingga visi, misi, dan tujuan Pendidikan Kewarganegaraan untuk menciptakan generasi muda yang cerdas, terampil, dan bertanggungjawab dapat terwujud. 2) Penerapan strategi CTL dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mempunyai dampak yang positif dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penerapan strategi CTL dapat dilihat dari penerapan prinsip-prinsip pembelajaran kontekstual: 1) Konstruktivisme (Contructivism), 2) Menemukan (Inquiry), 3) Bertanya (Questioning), 4) Masyarakat belajar (Learning Comunnity), 5) Pemodelan (Modelling), 6) Refleksi (Reflection), dan 7) Penilaian sebenarnya (Authentic Assessment).
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi strategi CTL, mutu proses pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 30 May 2013 08:15 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24295 |
Actions (login required)
View Item |