Donomurti, Sad and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Suyatmini, SE., M.Si. (2013) Program Pemberdayaan Masyarakat Berperspektif Gender (Studi Etnografi Pendidikan di Desa Ngaran, Kaligesing, Purworejo). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf Download (174kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (153kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) program pemberdayaan masyarakat berperspektif gender dalam pendidikan; (2) program pemberdayaan masyarakat berperspektif gender dalam kewirausahaan; (3) program pemberdayaan masyarakat berperspektif gender dalam sosial budaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Nara sumber adalah kepala program, kepala desa, dan warga desa Ngaran. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kegiatan yang diselenggarakan oleh pengurus P2MBG desa Ngaran dalam pendidikan adalah dalam bentuk fisik dan non fisik. Kegiatan fisik antara lain renovasi gedung Madrasah Diniyah, pembangunan perpustakaan desa, APE TK, dan APE PAUD. Kegiatan non fisik adalah dalam bentuk kursus dan pembelajaran Kejar Paket A. Kursus yang diadakan diantaranya kursus tata rias pengantin, kursus menjahit, kursus sablon, dan kursus pertukangan. Kegiatan dilaksanakan di luar jam kerja efektif warga masyarakat dan dengan mendatangkan tutor yang berkompeten. Dengan adanya kegiatan dalam bidang pendidikan dapat meningkatkan strata pendidikan warga, memberikan katerampilan, dan bekal kepada warga sehingga antara warga laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan yang sama dalam memperoleh pendidikan; (2) Program pemberdayaan masyarakat berperspektif gender dalam kewirausahaan terfokus pada empat sector yaitu home industri, pertanian, perikanan, dan peternakan. Kegiatan kewirausahaan dilakukan dalam bentuk pemberian pelatihan dengan mendatangkan pemateri yang berkompeten. Salah stau strategi yang dilakukan tim P2MBG adalah dengan mencari sponsor untuk mendukung program kewirausahaan dan bekerjasama dengan beberapa instansi penting di Kabupaten Purworejo serta membuat badan usaha bersama (UB) yang nantinya dapat membentuk koperasi; (3) Program pemberdayaan masyarakat berperspektif gender dalam sosial budaya dilaksnaakna dalam bentuk kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik dilakukan dalam bentuk pemugaran beberapa rumah yang kurang layak huni. Perbaikan jalan-jalan yang berlubang, renovasi jembatan di desa Ngaran yang rusak, serta pembuatan jalan stapak, drainase, talud, poskamling, rabat beton, dan taman desa. Kegiatan non fisik ini dilaksanakan untuk menanamkan budaya atau pola hidup sehat di masyarakat melalui program pengelolaan sampah, melestarikan kesenian daerah yaitu hadroh dan kemprong, membentuk masyarakat yang agamis melalui kegiatan mujahadah, ziarah, dan tahlil. P2MBG mendorong kegiatan pengumpulan iuran dana sosial untuk membantu warga yang mengalami kesulitan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemberdayaan masyarakat, pendidikan, kewirausahaan, sosial budaya,P2MBG |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 30 May 2013 05:59 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24284 |
Actions (login required)
View Item |