Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Bagi Siswa Kelas X Semester 2 SMA Negeri 3 Klaten Tahun 2011

Suprapta, Suprapta and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Bagi Siswa Kelas X Semester 2 SMA Negeri 3 Klaten Tahun 2011. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (258kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (768kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)

Abstract

Penelitian ini memuat 2 (dua) tujuan.Pertama. Untuk mengetahui peningkatan kualitas proses pembelajaran Fisika pada standar kompetensi konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi. Kedua. Untuk mengetahui kualitas output dalam pembelajaran fisika dengan metode kooperatif tipe investigasi pada siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 3 Klaten tahun 2011. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dengan bantuan guru sejenis. Subjek penelitian adalah siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 3 Klaten tahun 2011. Metode pengumpulan data dengan observasi partisipatif, dokumentasi, lembar kerja pengamatan siswa, dan evaluasi/tes. Teknik analisa data dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan 2 (dua) hasil penelitian. Pertama. Kualitas pembelajaran fisika dengan standar kompetensi konsep kalor dan prinsip konservasi energi dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe investigasi mengalami peningkatan dari Pra Siklus sampai dengan Siklus III. Hasil pengamatan rata‐rata kualitas pembelajaran dari Pra siklus ke siklus I 0,57 menjadi 0,61. Dilihat dari nilai yang dicapai belum memenuhi kreteria kualitas Kedua. Kualitas output belajar siswa, dengan melihat nilai rata‐rata hasil Ulangan Harian siswa pada Pra Siklus ke Siklus I dari 46 menjadi 51,71 berarti naik 12,41 %. Pada Siklus I ke Siklus II dari 51,71 menjadi 62,14 berarti naik 20,17 %. Pada Siklus II ke Siklus III dari 51,71 menjadi 67,29 berarti naik 8,29 %.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kooperatif , investigasi, kualitas, output.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 May 2013 08:32
Last Modified: 20 Oct 2021 04:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24279

Actions (login required)

View Item View Item