Peningkatan Keterampilan Guru Menerapkan PAKEM Melalui Bimbingan intensif di SMP Negeri 1 Kemusu Kabupaten Boyolali

Shofia, Hanik and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Peningkatan Keterampilan Guru Menerapkan PAKEM Melalui Bimbingan intensif di SMP Negeri 1 Kemusu Kabupaten Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Artikel_Publikasi.pdf

Download (366kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru‐ guru SMP Negeri 1 Kemusu kabupaten Boyolali tahun 2011 dalam menulis RPP berbasis PAKEM setelah diberikan Bimbingan Intensif. (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru‐ guru SMP Negeri 1 Kemusu kabupaten Boyolali tahun 2011 dalam menerapkan PAKEM didalam pembelajaran setelah diberikan Bimbingan Intensif. Penelitian Tindakan Sekolah ini mengambil subjek 27 guru‐guru SMP Negeri 1 Kemusu Kabupaten Boyolali tahun 2011. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan dilakukan melalui dua siklus yang diawali dengan refleksi awal. Untuk mengumpulkan data tentang kemampuan guru menulis RPP berbasis PAKEM dan menerapkan PAKEM dalam pembelajaran , serta hasil Bimbingan Intensif digunakan teknik dokumentasi, pengamatan dan wawancara. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan guru dalam menyusun RPP berbasis PAKEM mengalami peningkatan antara sebelum dan sesudah pembimbingan, dari nilai rata‐rata menyusun RPP 2,3 menjadi 3,4.atau 19 orang memperoleh nilai cukup dan 8 orang memperoleh nilai baik, menjadi 23 orang memperoleh nilai baik dan 4 orang memperoleh nilai amat baik. Sedangkan keterampilan guru menerapkan PAKEM ditunjukkan adanya peningkatan nilai ratarata dari 2,3 menjadi 3,2, atau terjadi peningkatan dari 19 orang memperoleh nilai cukup dan 8 orang memperoleh nilai baik, setelah diberikan bimbingan intensif dalam dua siklus hasilnya menjadi 26 orang memperoleh nilai baik dan 1 orang memperoleh nilai amat baik. Dari data tersebut dapat dijelaskan bahwa kegiatan Bimbingan Intensif yang dilakukan peneliti mampu meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun RPP maupun dalam penerapan PAKEM. Hal ini tentu saja bukan karena adanya tindakan Bimbingan Intensif semata, melainkan juga adanya semangat dan kemauan yang kuat dari para guru untuk meningkatkan dirinya.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran aktif kreatif efektif menyenangkan, bimbingan intensif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 May 2013 07:27
Last Modified: 20 Oct 2021 04:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24277

Actions (login required)

View Item View Item