Suparni, Ninik (2012) Profesionalitas Pembelajaran Guru di SMP RSBI Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (907kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (166kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (Bab VI)
8._BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
PDF (Daftar pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan ciri-ciri profesionalitas pembelajaran guru, mendiskripsikan upaya peningkatan profesionalitas pembelajaran guru, dan mendiskripsikan ciri-ciri implementasi profesionalitas pembelajaran guru di SMP RSBI Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah: dengan observasi berperan serta (participant observation), wawancara mendalam (In dept interview), dan dokumentasi, serta catatan data lapangan yang dapat digunakan sebagai data pelengkap. Keabsahan data dengan uji kredibilitas data dengan menggunakan triangulasi yaitu trianulasi sumber dan triangulasi teknik.Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri profesionalitas pembelajaran guru di SMP RSBI Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah adalah sebagai berikut: guru memiliki kualifikasi akademik dan bersertifikat pendidik, guru melaksanakan empat kompetensi pendidik juga mengasai dan menerapkan sepuluh kompetensi dasar guru profesional, guru mampu mewujudkan tujuan pendidikan, dan sehat jasmani dan rohani. Sedangkan upaya peningkatan profesionalitas pembelajaran guru di SMP RSBI Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, dilakukan dengan cara diadakan pelatihan dan pembinaan, workshop, penelitian tindakan kelas, peningkatan kualifikasi akademik, dan Pengawasan. Berkaitan dengan implementasi profesionalitas pembelajaran guru di SMP RSBI Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah ciri-cirinya adalah para guru selalu membuat perencanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melakukan inovasi, dan melakukan evaluasi, sedangkan aktivitas guru dalam penguatan profesionalitasnya menunjukkan bahwa guru melakukan peningkatan mutu pembelajaran, peningkatan kompetensi, dan peningkatan motivasi dalam menjalankan profesi.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | profesionalitas, pembelajaran, Guru SMP, RSBI Kabupaten Karanganyar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 28 May 2013 12:31 |
Last Modified: | 28 May 2013 12:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24272 |
Actions (login required)
View Item |