Khusnan, Khusnan and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2013) Pengembangan Kompetensi Paedagogik Menuju Sekolah Bermutu Di SDN Banaran 1 Kalijambe Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Publikasi_ilmiah_.pdf Download (184kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman__Depan.pdf Download (449kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1_.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI_.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil pengembangan kompetensi paedagogik menuju sekolah bermutu di SDN Banaran 1 yang dijabarkan pada dua sub fokus, yaitu: 1) Mengkaji karakteristik pengembangan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu guru; 2) Mengkaji karakteristik penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik. Data dikumpulkan melalui interview (wawancara mendalam), pengamatan berperanserta dan pemeriksaan dokumen. Analisis data dilaksanakan sebelum di lapangan dan selama di lapangan dengan model Miles and Hubberman secara interaktif melalui proses data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing (kesimpulan). Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa profil pengembangan kompetensi paedagogik menuju sekolah bermutu di SDN Banaran 1 merupakan pengembangan teori yang ada dalam penelitian terdahulu. Adapun pengembangan teori tersebut dapat ketahui dari karakteristik pengembangan kompetensi paedagogik yang dilaksanakan SDN Banaran 1 seperti: menempatkan komite sekolah dan pakar pendidikan sebagai mitra, menjalin komunikasi dengan orang tua/wali murid, memberi pelatihan kepada guru dalam memilih strategi belajar yang tepat serta mengembangkan materi pelajaran, serta mengurangi beban tambahan guru. Selain itu, dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik, SDN Banaran 1 memberi pengayaan maupun perbaikan serta penambahan jam pelajaran bagi kelas enam khususnya, melaksanakan interaksi pembelajaran secara optimal dengan memposisikan anak sebagai subyek dalam pembelajaran, materi pembelajaran kontekstual, pembelajaran melalui kelompok kecil serta memanfaatan fasilitas secara maksimal untuk menstimulus belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi, paedagogik, mutu |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 24 May 2013 10:45 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24235 |
Actions (login required)
View Item |