Hubungan Antara Kadar Hemoglobin Dan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Remaja Di Asrama Putri MTs Surakarta

Faizah, Nurul and , Endang Nur Widyaningsih, S.ST.,M.Si,Med. and , Eni Purwani, S.Si., M.Si (2013) Hubungan Antara Kadar Hemoglobin Dan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Remaja Di Asrama Putri MTs Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (274kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (123kB)

Abstract

remaja ada dua yaitu anemia dan status gizi kurang. jika remaja mengalami anemia maka akan mudah pusing, lelah, mengantuk sehingga mengganggu konsentrasi belajar. status gizi kurang akan menyebabkan kurang perhatian di dalam kelas, daya ingat rendah dan tidak ada motivasi sehingga mempengaruhi keberhasilan akademik Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kadar hemoglobin dan status gizi dengan prestasi belajar remaja di Asrama Putri MTA Surakarta. Metode Penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional dan teknik pengambilan subjek menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 75 siswi. Kadar hemoglobin diperoleh dengan menggunakan metode cyanmenthemoglobin, data status gizi diperoleh dari pengukuran BB dan TB dan prestasi belajar diperoleh dari nilai rapot ujian semester. Uji hubungan menggunakan uji pearson product moment. Hasil. Kadar hemoglobin yang anemia 62.7%, status gizi normal 68% dan prestasi belajar baik 97.3%. Hasil uji korelasi kadar hemoglobin dengan prestasi belajar diperoleh nilai p= 0.626, yang berarti tidak ada hubungan kadar hemoglobin dengan prestasi belajar dan hasil uji korelasi status gizi dengan prestasi belajar diperoleh p= 0.722, yang berarti tidak ada hubungan status gizi dengan prestasi belajar. Kesimpulan. Tidak ada hubungan antara kadar hemoglobin dan status gizi dengan prestasi belajar remaja di Asrama Putri MTA Surakarta. Saran. Diharapkan pihak sekolah selalu memberikan informasi kepada siswa melalui mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan tentang pentingnya mengkonsumsi makanan sumber zat besi untuk mencegah terjadinya anemia, karena masih terdapat anemia sebesar 62.7%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kadar Hemoglobin, Status Gizi, Prestasi Belajar
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 May 2013 07:36
Last Modified: 01 Jun 2016 10:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24127

Actions (login required)

View Item View Item