Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orangtua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar

Putra, Hanung Panjie (2013) Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orangtua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan_.pdf

Download (285kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I_.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi_.pdf

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh otoriter orangtua dengan prestasi belajar siswa kelas satu sekolah dasar (SD). Populasi penelitian ini adalah siswa sekolah dasar (SD) kelas satu yang bersekolah di SDN Mojo II Surakarta yang berjumlah 15 siswa, SDN Mojo III Surakarta yang berjumlah 12 siswa, SDN Sudiroprajan Surakarta yang berjumlah 10 siswa, SDN Wiropaten III Surakarta yang berjumlah 9 siswa dan SDN Purwoprajan I yang berjumlah 11 siswa. Jadi, keseluruhan berjumlah 57 siswa yang berasal dari kelima SD yang telah ditetapkan sebagai tempat penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh populasi siswa kelas satu di SD tersebut. Penentuan pengambilan subjek dalam penelitian ini dengan menggunakan studi populasi, sehingga seluruh populasi yang ada digunakan sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket pola asuh orangtua dan data sekunder menggunakan raport anak ketika kelas satu semester satu dan dua yang digunakan untuk melihat prestasi belajar. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan negatif antara pola asuh otoriter dengan prestasi belajar siswa kelas satu sekolah dasar. Berdasarkan hasil analisis statistik dengan menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,142 dengan p = 0,293 (p>0,05) yang artinya tidak ada hubungan antara pola asuh otoriter orangtua dengan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Otoriter, Prestasi Belajar, Siswa Kelas 1 SD.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 May 2013 07:26
Last Modified: 08 May 2013 07:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24066

Actions (login required)

View Item View Item