Wiharnani, Tri and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pkn Melalui Strategi Two Stay Two Stray Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Tawangsari Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (427kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (537kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 02 Tawangsari Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV di SD Negeri 02 Tawangsari Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi two stay two stray dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yang dilihat dari indikator: (1) Motivasi belajar siswa: (a) Anak yang mengerjakan tugas secara benar sebelum tindakan 50% setelah tindakan 85% (b) Siswa kooperatif dengan siswa dan guru sebelum tindakan 60% setelah tindakan 80%; (c) Antusias menjawab dan bertanya sebelum tindakan 50% setelah tindakan 90% (d) Siswa yang mengutarakan pendapat sebelum tindakan 60% setelah tindakan meningkat menjadi 85%.(2) Hasil belajar siswa pada kondisi awal hanya 40% tuntas, sedangkan tidak tuntas sebesar 60%,pada kondisi akhir setelah tindakan dari sebanyak 90% tuntas dan 10 % yang belum tuntas.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi dan hasil belajar, strategi two stay two stray |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 Apr 2013 12:13 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23793 |
Actions (login required)
View Item |