Peningkatan Pemahaman Siswa Mengenai Sikap Demokratis Dalam Pembelajaran PKN Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning Model Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Pujiastuti, Pujiastuti and , Dr. Anam Sutopo, M.Hum (2013) Peningkatan Pemahaman Siswa Mengenai Sikap Demokratis Dalam Pembelajaran PKN Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning Model Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (238kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (143kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui apakah metode pembelajaran cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai sikap demokratis dalam pembelajaran PKn pada siswa Kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 atau tidak. 2) Untuk mengetahui sejauhmana peningkatan pemahaman siswa mengenai sikap demokratis dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) pada siswa Kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. 3) Untuk menjelaskan proses mengajar PKn dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) pada siswa Kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa yang dijadikan objek sebanyak 25 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskrptif komparatif dan kritis. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Penggunaan model cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa pada pembelajaran PKn materi sikap demokratis pada siswa Kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013, hal tersebut ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada kondisi awal nilai rata-rata kelas sebesar 65,24. Siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 71,16. Pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 76,52. 2) Peningkatan pemahaman siswa mengenai sikap demokratis dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode pembelajaran NHT pada siswa Kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 dari kondisi awal sampai dengan siklus II yaitu rata-rata kelas pada kondisi awal sebesar 65,24 dan pada siklus II rata-rata kelas sebesar 76,52. Sehingga mengalami peningkatan sebesar 11,28. 3) Penerapan pengajaran PKn dengan menggunakan metode pembelajaran NHT pada siswa Kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 dilaksanakan dengan menerapkan langkah-langkah sesuai model NHT yaitu: 1) Penomoran, 2) Mengajukan pertanyaan, 3) Berfikir Bersama, dan 4) Menjawab Pertanyaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2013 11:11
Last Modified: 25 Oct 2021 03:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23782

Actions (login required)

View Item View Item