Penerapan Model Mind Mapping Pada Pembelajaran Mengarang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IPP SD Negeri 02 Jenawi Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Muslimatun, Muslimatun and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2013) Penerapan Model Mind Mapping Pada Pembelajaran Mengarang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IPP SD Negeri 02 Jenawi Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar mengarang siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model mind mapping pada siswa kelas III SD Negeri 02 Jenawi Kecamatan Jenawi Jenawi Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012 / 2013. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 02 Jenawi kecamatan Jenawi kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas tindakan guru selama pembelajaran 2 siklus tentang mengarang dengan model mind mapping meliputi aspek : (1) Aspek isi karangan; (2) Organisasi karangan; (3) Kosa kata karangan, (4) Pengembangan aspek kebahasaan terbukti hasil belajar siswa meningkat, dari 20 siswa hanya 2 siswa belum mencapai taraf ketuntasan atau kurang lebih 10 %, sedangkan siswa tuntas 18 siswa atau 80%. Setelah diberikan treatment melalui penerapan model mind mapping nilai formatif siswa meningkat, yakni dari 4 siswa yang belum tuntas, telah berkurang tinggal 2 siswa atau 10 %. Pada penelitian ini hasil peningkatan dari kondisi awal sampai dengan akhir adalah 40% Jadi dalam penelitian ini hipotesis tindakan “ Pembelajaran dengan model Mind Mapping (pemetaan pikiran) dapat meningkatkan hasil belajar mengarang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN 02 Jenawi, Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013” dapat terbukti dan terjawab kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model mind mapping, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2013 10:34
Last Modified: 25 Oct 2021 03:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23777

Actions (login required)

View Item View Item