Muslimatun, Muslimatun and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2013) Penerapan Model Mind Mapping Pada Pembelajaran Mengarang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IPP SD Negeri 02 Jenawi Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (83kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (176kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (661kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (737kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar mengarang siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model mind mapping pada siswa kelas III SD Negeri 02 Jenawi Kecamatan Jenawi Jenawi Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012 / 2013. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 02 Jenawi kecamatan Jenawi kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas tindakan guru selama pembelajaran 2 siklus tentang mengarang dengan model mind mapping meliputi aspek : (1) Aspek isi karangan; (2) Organisasi karangan; (3) Kosa kata karangan, (4) Pengembangan aspek kebahasaan terbukti hasil belajar siswa meningkat, dari 20 siswa hanya 2 siswa belum mencapai taraf ketuntasan atau kurang lebih 10 %, sedangkan siswa tuntas 18 siswa atau 80%. Setelah diberikan treatment melalui penerapan model mind mapping nilai formatif siswa meningkat, yakni dari 4 siswa yang belum tuntas, telah berkurang tinggal 2 siswa atau 10 %. Pada penelitian ini hasil peningkatan dari kondisi awal sampai dengan akhir adalah 40% Jadi dalam penelitian ini hipotesis tindakan “ Pembelajaran dengan model Mind Mapping (pemetaan pikiran) dapat meningkatkan hasil belajar mengarang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN 02 Jenawi, Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013” dapat terbukti dan terjawab kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model mind mapping, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Apr 2013 10:34 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23777 |
Actions (login required)
View Item |