Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Melalui Pendekatan Sets Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Kebak Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Rukhoyah, Rukhoyah and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Melalui Pendekatan Sets Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Kebak Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (258kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (358kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA materi Pesawat Sederhana melalui Metode Science, Environment, Technology and Society (SETS) pada siswa kelas V SD Negeri 02 Kebak Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian menggunakan dua siklus, dalam setiap siklus meliputi tahap persiapan, observasi, implementasi tindakan, observasi dan interpretasi, dan refleksi. Tempat penelitian di Kelas IV SDN 02 Kebak. Obyek penelitian ini berupa meningkatkan prestasi siswa khususnya pada materi pesawat sederhana. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan melalui tenik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan SETS dapat meningkatkan prestasi siswa kelas V dalam mata pelajaran IPA materi Pesawat Sederhana di SDN 02 Kebak. Hasil penelitian ditandai dengan dengan peningkatan prestasi siswa meningkat dari 66,7 % pada siklus I menjadi 76,7 % pada siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasibelajar IPA, SETS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2013 07:16
Last Modified: 25 Oct 2021 03:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23769

Actions (login required)

View Item View Item