Sulistari, Sulistari and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Tentang Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Pulosari Kecamatan Kebakramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (430kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (565kB) |
|
|
PDF (Bba I)
BAB_I.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS tentang Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Pulosari.Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dan guru kelas IV SD Negeri 01 Pulosari kecamatan Kebakramat Kabupaten Karanganyar sebanyak 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini dapat disimpulkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS tentang sumber daya alam melalui penerapan strategi group investigation. meningkatan motivasi dan hasil belajar dapat dilihat dari indikator:(1)Motivasi belajar siswa dilihat dari (a) Tanggung jawab dalam mengerjakan tugas rumah 6 siswa atau 43% sebelum tindakan, meningkat menjadi 12 siswa (75)% setelah tindakan; (b) Interaksi siswa dalam beranya kepada guru yaitu hanya 8 siswa atau 57%; sebelum tindakan, meningkat menjadi 11 siswa (69%) setelah tindakan; (c) Intensitas menjawab pertanyaan hanya 10 siswa atau 71%; sebelum tindakan, meningkat menjadi 12 atau 75% siswa setelah tindakan; (d) Intensitas dalam mengerjakan tugas dalam proses pembelajaran hanya 10 siawa atau 71% sebelum tindakan, meningkat menjadi 13 siswa atau 81% setelah tindakan. (2) Hasil belajar siswa pada kondisi awal dari 14 siswa yang dapat mencapai ketuntasan hanya 5 siswa atau 36% dan yang belum tuntas sebanyak 9 siswa atau 64%. Sedangkan siklus II siswa yang mencapai taraf tuntas sebanyak 13 siswa atau 93% dan 1 siswa belum tuntas atau 7%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | group investigation, motivasi dan hasil belajar, IPS, sumber daya alam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Apr 2013 05:51 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23762 |
Actions (login required)
View Item |