Upaya Mengembangkan Kemampuan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain Peran Di Kelompok A TK Ba Aisyiyah Karangdowo Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Winarni, Sri and , Aryati Prasetyarini, M.Pd (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain Peran Di Kelompok A TK Ba Aisyiyah Karangdowo Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (244kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan kemandirian menggunakan metode bermain peran pada pokok bahasan, memperagakan cara memasangkan kancing baju sendiri, membuka tali sepatu sendiri, mengerjakan tugas tanpa bantuan orang lain, dapat makan bekal dan mencuci piring sendiri. Penerima tindakan adalah anak kelompok A TK BA Aisyiyah karangdowo Klaten yang berjumlah 12 anak. Subyek pelaksanaan tindakan adalah anak. Pelaksanaan ini dilaksanakan dalam 3 putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara. Teknik analisis data secara deskriptif komparatif dengan analisis kritis terhadap kelemahan dan kelebihan kinerja anak dan guru dalam proses pembelajaran yang terjadi didalam kelas selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian adalah terjadi perkembangan kemandirian menggunakan metode bermain peran. Perkembangan kemandirian pada prasiklus 35,71%, siklus I Perkembangan kemandirian mencapai 54,46%, siklus II sebesar 64,58% dan siklus III mencapai 83,47%. Dengan demikian berdasarkan hipotesis metode bermain peran dapat mengembangkan kemampuan kemandirian di TK BA Aisyiyah Karangdowo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Bermaian Peran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2013 10:17
Last Modified: 28 Oct 2021 03:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23726

Actions (login required)

View Item View Item