Juwariyah, Siti and , Drs. Joko Suwandi, SE., M.Pd, (2013) Penggunaan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IIIA SDIT Arofah 2 Klego Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASAKAH_PUBLIKASI.pdf Download (276kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (288kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode group investigation. Subyek pemberi tindakan adalah peneliti, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IIIA yang berjumlah 21 siswa, dan guru sebagai observer yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif komparatif dan analisis data kritis yang terdiri dari membandingkan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari (1) sebelum dilakukan penelitian persentase keaktifan belajar siswa : 23,02% (keaktifan bertanya 19,04%, minat menjawab pertanyaan 14,30%, mengemukakan pendapat 4,80%, mengerjakan soal 52,40%, mendengarkan penjelasan guru 47,60%, saling membantu saat menyelasaikan masalah 0%) pada siklus I : 61,10% (keaktifan bertanya 47,61%, minat menjawab pertanyaan 57,14%, mengemukakan pendapat 47,61%, mengerjakan soal 80,95%, mendengarkan penjelasan guru 85,71%, saling membantu saat menyelasaikan masalah 47,61%) dan siklus II 86,50% (keaktifan bertanya 85,71%, minat menjawab pertanyaan 95,23%, mengemukakan pendapat 85,71%, mengerjakan soal 85,71%, mendengarkan penjelasan guru 95,23%, saling membantu saat menyelasaikan masalah 71,42%). (2) Hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebelum penelitian 9 siswa (42,80%), pada siklus I ada 13 siswa (61,91%) dan siklus II ada 20 siswa (95,24%). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunakan metode group investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode group investigation, keaktifan belajar dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Apr 2013 10:15 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 13:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23725 |
Actions (login required)
View Item |