Harsinah, Harsinah and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, M.Hum (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Simbol – Simbol Abjad Melalui Metode Kegiatan Mengurutkan Abjad Dan Menceritakan Gambar Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 03 Wiro Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (325kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf Download (282kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (239kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis simbol-simbol abjad melalui metode kegiatan mengurutkan abjad dan menceritakan gambar pada anak kelompok B TK Pertiwi 03 Wiro Tahun Ajaran 2012/2013. Dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). subyek penelitian ini adalah siswa dan guru TK Pertiwi 03 Wiro bayat. Sedang sampel penelitian ini dibatasi pada siswa kelompok B TK Pertiwi Bayat yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari anak perempuan sebanyak 10 anak dan laki-laki sebanyak 10 anak. Dengan rata-rata usia 5 tahun. Hasil Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada beberapa siklus yaitu Pra siklus, siklus I dan II dapat ditarik kesimpulan bahwa mengurutkan abjad dan menceritakan gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis symbol-simbol abjad , hal ini dapat ditunjukkan dari adanya penigkatan kemampuan menulis symbol-simbol abjad abjad dari sebelum tindakan sampai siklus II yaitu sebelum tindakan sebesar 20%, siklus I 60% dan siklus II sebesar 80%. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “ Metode kegiatan mengurutkan abjad dan menceritakan gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis simbol-simbol abjad pada anak kelompok B TK Pertiwi 03 Wiro tahun ajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis, Mengurutkan Abjad, Menceritakan Gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Apr 2013 10:30 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 02:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23718 |
Actions (login required)
View Item |