Peningkatan Kemampuan Emosional Melalui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Ngalas 1 Klaten Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013

Setiyawati, Yetik Yuli and , Drs. Muhammad Yahya. Msi (2013) Peningkatan Kemampuan Emosional Melalui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Ngalas 1 Klaten Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (169kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (124kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penngkatan kemampuan emosional melalui metode bercerita pada anak kelompok A TK Aisyiyah Ngalas I Klaten Selatan Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Kemampuan emosional anak masih rendah berdasarkan pengamatan dalam kegiatan harian anak yang sebagian besar masih perlu banyak bimbingan. Melalui metode bercerita dapat memberikan nasehat dan contoh pengelolaan emosional yang bagi anak sehingga akan sangat bermanfaat bagi perkembangan emosianalnya dikemudian hari. Data tentang kemampuan emosional anak diperoleh dari anak dan data pelaksanaan metode becerita diperoleh dari guru . Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, obsrvasi dan refleksi. Siklus I dank e II dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Tehnik analisis komparatif untuk membandingkan kemampuan anak setiap siklusnya yaitu dengan posentase keberhasilan. Hasil penelitian menunjukan pnigkatan dari siklus ke siklus, ini dapat dilihat dari posentase hasil observasi. Kemampuan emosional anak pada pra siklus 40% setelah dilakukan siklus I mencapai 59,09% dan siklus II meningkat sebesar 81,81 %. Ini menunjukan bahwa kemampuan emosional anak mengalami peningkatan melalui metode bercerita.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan emosional, metode bercerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2013 07:20
Last Modified: 28 Oct 2021 02:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23706

Actions (login required)

View Item View Item