Pamungkas, Mariya Retno and , Dra. Sundari, SH, M.Hum (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Gambar Kelompok Usia 2-3 Tahun Di Kelompok Bermain Putra Bangsa Pasungan Ceper Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf Download (451kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB__II.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran_retno.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (349kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 2 – 3 tahun melalui metode bercerita dengan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak-anak didik di kelompok usia 2-3 tahun di KB Putra Bangsa Pasungan Ceper Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian bersifat kolaboratif dengan guru kelas. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa anak melalui metode bercerita dengan media gambar dengan menilai kemampuan anak dan untuk mengetahui proses pembelajaran metode bercerita dengan media gambar dikumpulkan melalui observasi dan catatan dilapangan. Keabsahan data dan perbandingan yaitu dengan cara membandingkan hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan bahasa anak melalui metode bercerita dengan media gambar, yakni sebelum tindaka 305, siklus I 60%, Siklus II mencapai 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode bercerita dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bercerita dengan media gambar, Bahasa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Apr 2013 12:12 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 01:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23679 |
Actions (login required)
View Item |