Suwanti, Suwanti and , Aryati Prasetyarini M.Pd. (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Balok Warna Di Kelompok B Di TK Pertiwi Tulas Karangdowo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (241kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (141kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (63kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (850kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (244kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mengenal warna melalui permainan balok warna pada anak TK Pertiwi Tulas Karangdowo Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan setting TK Pertiwi Tulas Karangdowo Klaten Data tentang prilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan mengenal warna dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data dengan tehnik analisis kritis untuk proses dan tehnik analisis komparatif untuk kemampuam mengenal warna dikumpulkan melalui permainan balok warna. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan permainan balok warna dapat mengembangkan kemampuam mengenal warna pada anak di TK Pertiwi Tulas Karangdowo Klaten. Adapun langkah-lanhkah penggunaan permainan balok warna yang berhasil sebagai berikut : Prasiklus mencapai 52,5%, siklus I mencapai 67,0%, siklus II mencapai 78,18%, (a) menyiapkan media sebelum anak memasuki ruangan, (b) menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan, (c) menjelaskan media yang akan digunakan, (d) mengkondisikan suasa yang menyenangkan dan memberi variasi kegiatan yang penunjang,(e) menyebutkan warna balok yang di tunjuk oleh guru, mengambil balok warna dan dapat menyebutkan warna balok dengan lancar (f) menugaskan anak secara individu dengan lembar kerja anak, (g) memberi motivasi anak yang belum mampu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuam mengenal warna, permainan balok warna |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 17 Apr 2013 11:01 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23669 |
Actions (login required)
View Item |