Suratno, Suratno and , Dra. Aryati Prasetyarini, MPd (2013) Penggunaan Metode Bimba Aiueo Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Awal Anak Kelompok B2 TK Waru 02 Kebakkramat Karanganyar Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (258kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (118kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan membaca awal anak pada siswa kelompok B2 TK Waru 02 Kebakkramat, Karanganyar, Tahun Pelajaran 2012/2013. Untuk mengetahui penggunaan metode bimba AIUEO sehingga dapat mengembangkan kemampuan membaca awal anak pada siswa kelompok B2 TK Waru 02 Kebakkramat, Karanganyar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah seluruh anak kelompok B2 Taman Kanak-kanak Waru 02, Kebakkramat, Karanganyar, Tahun ajaran 2012 / 2013 yang berjumlah 15 anak serta guru dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan tehnik alalisis data menggunakan metode induktif interaktif, komponen pokok analisis induktif interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan dalam proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa kemampuan membaca awal anak pada Taman kanak-kanak Waru 02 Kebakkramat, Karanganyar pada siklus I menunjukkan bahwa siswa .yang telah dinyatakan tuntas rata-rata 63,16 % dan pada siklus II menunjukkan siswa yang telah dinyatakan tuntas rata-rata 83,00 %. Berdasarkan keterangan diatas maka dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut : dengan menggunakan metode Bimba AIUEO dapat meningkatkan kemampuan membaca anak di Taman Kanak- Kanak Waru 02 Kebakkramat, Karanganyar tahun Pelajaran 2012 / 2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mengembangkan, Membaca Awal, Metode AIUEO |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Apr 2013 06:17 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23661 |
Actions (login required)
View Item |