Daryani, Sri and , Dra. Darsinah, S.E., M.Si (2013) Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Bermain Dengan Media Kertas Lipat Pada Anak Kelompok B TK 01 Karang Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012-2013 (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (932kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (362kB) |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan kreativitas anak kelompok B TK 01 Karang Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 melalui bermain dengan media kertas lipat. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan November 2012 sampai bulan Januari 2013 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK pertiwi 02 Karang. Data yang dikumpukan kreativitas anak dan proses penerapan bermain dengan media kertas lipat. Data dianalisis dengan metode komparatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa kretivitas anak melalui pembelajaran mengalami peningkatan kreativitas pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan rata-rata prosentase pencapaian dari siklus I sampai dengan siklus II. Rata-rata Kemampuan bahasa anak meningkat dari prasiklus 49,75% menjadi 64,75%pada siklus I, Siklus II manjadi 82,37%. Jumlah anak yang tuntas belajar atau mencapai prosentase keberhasilan sebesar 65% di kondisi prasiklus adalah 2 (20%) anak. Ketika prosentase keberhasilan siklus I 75%, yang mencapai prosentase keberhasilan 6 (30%) anak, dan di siklus II, ketika prosentase keberhasilan 80% jumlah yang mencapai prosentase keberhasilan adalah 17 (85%) anak. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran melalui bermain kertas lipat dapat menigkatkan kretivitas anak kelompok B TK 01 Karang.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, bermain,media kertas lipat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Apr 2013 05:54 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23660 |
Actions (login required)
View Item |