Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Bermain Dengan Media Kertas Lipat Pada Anak Kelompok B TK 01 Karang Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012-2013 (Penelitian Tindakan Kelas)

Daryani, Sri and , Dra. Darsinah, S.E., M.Si (2013) Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Bermain Dengan Media Kertas Lipat Pada Anak Kelompok B TK 01 Karang Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012-2013 (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (932kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (362kB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan kreativitas anak kelompok B TK 01 Karang Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 melalui bermain dengan media kertas lipat. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan November 2012 sampai bulan Januari 2013 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK pertiwi 02 Karang. Data yang dikumpukan kreativitas anak dan proses penerapan bermain dengan media kertas lipat. Data dianalisis dengan metode komparatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa kretivitas anak melalui pembelajaran mengalami peningkatan kreativitas pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan rata-rata prosentase pencapaian dari siklus I sampai dengan siklus II. Rata-rata Kemampuan bahasa anak meningkat dari prasiklus 49,75% menjadi 64,75%pada siklus I, Siklus II manjadi 82,37%. Jumlah anak yang tuntas belajar atau mencapai prosentase keberhasilan sebesar 65% di kondisi prasiklus adalah 2 (20%) anak. Ketika prosentase keberhasilan siklus I 75%, yang mencapai prosentase keberhasilan 6 (30%) anak, dan di siklus II, ketika prosentase keberhasilan 80% jumlah yang mencapai prosentase keberhasilan adalah 17 (85%) anak. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran melalui bermain kertas lipat dapat menigkatkan kretivitas anak kelompok B TK 01 Karang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, bermain,media kertas lipat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2013 05:54
Last Modified: 27 Oct 2021 07:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23660

Actions (login required)

View Item View Item